Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Instal Aplikasi Dapodik 2013


Aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar (DAPODIKDAS) telah resmi dirilis dan telah didistribusikan ke setiap Operator sekolah sekitar pertengahan bulan September 2013. Aplikasi terbaru ini merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya.
Aplikasi Pendataan 2013 merupakan aplikasu berbasis web, untuk itu diperlukan web server untuk menjalankan aplikasi ini dan web browser untuk mengoperasikannya. Pastikan Komputer/Laptop anda telah terinstal dengan web browser terbaru, karena web browser versi lama tidak mendukung aplikasi ini, disarankan menggunakan Google Chrome atau Firefox.
Berikut ini saya mencoba berbagi langkah – langkah instalasi Aplikasi Dapodik 2013.
Sebelum melakukan instalasi, Anda harus harus memiliki dulu kode registrasi yang diberikan oleh Operator KK DATADIK Daerah masing – masing, kode registrasi tersebut merupakan “kunci” bagi setiap sekolah,yaitu untuk memuat data sekolah, kode registrasi tersebut jangan sampai tertukar dengan sekolah lain, karena kode registrasi ini juga yang nantinya digunakan untuk mendownload prefill data.
Data Prefill adalah data, lebih jelasnya bahwa data tersebut merupakan data hasil kiriman ke server dari sekolah – sekolah per tanggal 1 Juli 2013,kemudian data tersebut akan di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru operator hanya tinggal mengentri data siswa baru, pemetaan rombel, sarpras  dan melengkapi data lainnya yang belum terisi.
Untuk lebih jelasnya berikut saya gambarkan langkahnya : 
1. Masuk ke http://118.98.166.59 
Pilih download (Anda sudah menyiapkan kode registrasi sekolah)

Bagi yang belum memiliki file installer, Klik installer Dapodikdas v.2.0 (build 0210130120), tunggu sampai proses download berhasil,simpan berkas dapodikdas.exe di pc/laptop Anda.
Selanjutnya pilih Database Prefill (http://118.98.166.59/laman/prefill ), disana Anda diminta untuk memasukan kode registrasi sekolah untuk dapat mendownload Data Prefill tersebut. Data Prefill tersebut berekstensi *.prf.
Masukan kode registrasi lalu pilih download.
- Setelah tersimpan file Installer Dapodik dan data Prefil,sebelum melakukan instalasi kita buat dulu folder untuk menyimpan Data Prefill yang telah di download. Folder tersebut simpan di direktori C:\ . Nama folder tersebut Prefill_Dapodik (C:\Prefill_Dapodik),
- Setelah folder dibuat, simpan data hasil downloadan tadi di folder ini (yang berekstensi *.prf). 
PENTING: Pastikan Pengaturan Waktu dan Timezone Komputer Anda Akurat.

2. Setelah folder tersebut dibuat, sekarang tinggal melakukan instalasi, jalankan program dapodikdas.exe yang ada di laptop, setelah itu aplikasi akan berjalan dan ditayangkan seperti berikut
  
Disarankan untuk menutup program lainnya sebelum atau selama proses instalasi. Hal ini diperlukan agar berkas yang terkait dapat diperbaharui tanpa harus booting ulang komputer Anda.
Tekan tombol [Lanjut>] untuk melanjutkan instalasi.

Pada bagian selanjutnya, maka akan ditampilkan bagian pemilihan port. Pada pemilihan port ini Httpd Port dan Postgres Port akan terisi otomatis. Untuk mengeceknya, klik tombol [Check Port] agar Port tidak bentrok.

 Selanjutnya klik [Lanjut>] maka akan tampil form persetujuan seperti berikut.

Baca dengan seksama sebelum melanjutkan penginstalan, lalu pilih [Saya Setuju dengan kesepakatan tersebut], klik tombol [Lanjut>] dan proses instalasi akan berlanjut seperti berikut
Setelah proses penginstalan selesai, klik [Lanjut>] dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Dapodikdas selesai 
Tunggu sampai indikator proses ekstrasi selesai, setelah itu tekan tombol [Selesai] untuk menutup Program Instalasi. 
Setelah Proses Instalasi selesai, jalankan program Dapodikdas yang telah terinstal atau yang muncul di desktop komputer Anda. Setelah dijalankan maka otomatis akan dijalankan browser internet dan membuka halaman awal aplikasi pendataan seperti berikut

Pada saat pertama kali instalasi belum ada data sekolah yang tersimpan pada database lokal. Untuk itu perlu dilakukan proses registrasi sekolah dengan cara menekan tombol [Registrasi]. Jika data sekolah sudah ada, bisa masuk ke dalam aplikasi dengan mengisi email  dan password setelah itu menekan tombol [Login].

Untuk proses registasi akan dimunculkan formulir dengan isian sebagai berikut:

  • Nama Lengkap, isikan dengan Nama Anda sebagai Operator di sekolah tersebut
  • User name/email, pastikan email tersebut aktif dan tidak fiktif karena akan ada konfirmasi
  • Password, isikan password yang mudah diingat
  • Konfirmasi Password, Masukan kembali password yang sesuai dengan yang Anda masukan
  • Nomor Handphone, pastikan nomor handphone Anda yang aktif, karena nomor handpone tersebut sewaktu – waktu dibutuhkan untuk menghubungi Anda ketika ada informasi lanjutan atau bahkan jika terjadi permasalahan yang ada kaitannya dengan Pendataan Sekolah Anda.
  • Nomor Telepon
  • Yahoo Messenger
  • Skype
  • Kode registrasi
Kode registrasi merupakan “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KK-DATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan.

Setelah semua Data Isian dimasukan, lalu pilih tombol [Simpan] dan Tunggu sampai proses registrasi selesai, setelah itu Anda bisa login ke dalam aplikasi sesuai dengan informasi yang diisikan pada registrasi.
Isi login dan password, jika benar akan muncul konfirmasi login berhasil, klik tombol [OK].
Setelah proses login berhasil kemudian akan ditampilkan beranda aplikasi pendataan seperti gambar     berikut ini.
Aplikasi pendataan terdiri dari beberapa halaman yaitu:
  • Beranda
  • Sekolah
  • Peserta Didik
  • PTK
  • Prasarana
  • Rombongan Belajar
Untuk memeriksa data tekan tombol [validasi]
Untuk mensinkronkan data dengan server database utama tekan tombol [Sinkronisasi].
Setelah anda selesai menggunakan aplikasi pendataan 2013, klik tombol  Logout pada bagian identitas sekolah, kemudian tutup browser Anda.
Selamat Bekerja.

0 komentar:

Poskan Komentar